PENILAIAN AKHIR SEMESTER GENAP
TAHUN PELAJARAN 2019-2020
MATA
PELAJARAN |
||
Mata Pelajaran Kelas Jenjang |
: : : |
BIOLOGI X (SEPULUH) Paket C IPA |
WAKTU
PELAKSANAAN |
||
Hari/ Tanggal Pukul |
: : |
Kamis / 4 Juni
2020 15.00
– 14.30 WIB |
Petunjuk Umum
1.
Berdo’alah sebelum
mengerjakan!
2.
Isi identitas anda
pada Lembar jawaban Ujian yang tersedia
3.
Jagalah lembar
jawab agar tidak rusak, sobek, ataupun
terlipat.
4.
Jumlah soal
sebanyak 45 butir dengan 40 (Empat Puluh ) pilihan ganda dan
5 (Lima) uraian.
5.
Periksa dan
bacalah setiap butir soal dengan
seksama sebelum anda menjawabnya.
6.
Laporkan kepada
pengawas ujian bila ada lembar
yang kurang jelas, rusak, atau tidak
lengkap.
7.
Pilih jawaban
yang anda anggap paling benar.
8.
Mintalah kertas
kosong kepada pengawas apabilah dibutuhkan untuk corat-coret.
9.
Periksa kembali
pekerjaan anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian.
10.
Lembar soal
tidak boleh dicoret-coret.
11.
Tidak
diizinkan menggunakan kalkulator, hp, tabel matematika atau alat bantu berhitung lainnya, kecuali dengan ijin pengawas
12.
Apabila ada
jawaban yang dianggap salah dan anda
ingin mengganti jawaban, maka berilah garis dua pada jawaban yang salah tersebut, kemudian beri tanda
silang (X) pada huruf jawaban
lain yang anda anggap benar
A.
PILIHAN GANDA
Pilihlah jawaban yang paling tepat
untuk pertanyaan-pertanyaan
berikut dengan memberikan tanda silang (x) pada pilihan A, B, C,D atau E!
1. Keanekaragaman hayati tingkat gen terdapat pada kelompok
tanaman ….
A.
Aren, kelapa. Siwalan, rotan
B.
Asam, tomat, lombok, jambu biji
C.
Padi c4,
padi gogorancah, padi vutw, padi
membrano
D.
Kacang tanah, kacang buncis,
kacang kapri, kacang hijau
E.
Kelapa kopyor, kelapa genjah, karet, kelapa gading
2.
Terdapat perbedaan – perbedaan pada berbagai spesies
makhluk hidup di suatu tempat. Keanekaragaman tersebut termasuk ke dalam tingkat ….
A.
Gen
B.
Ekosistem
C.
Spesies
D.
Biotik
E.
Endemik
3. Keanekaragaman
yang terdapat pada gambar di bawah ini adalah ….
A.
Gen
B.
Ekosistem
C.
Spesies
D.
Biotik
E.
Endemik
4. Perhatikan
nama tumbuhan-tumbuhan berikut
:
1)
Kelapa gading
2)
Kelapa hijau
3)
Pinang merah
4)
Lontar
5)
Kelapa kopyor
6)
aren
Kelompok tumbuhan yang termasuk dalam keanekaragaman
tingkat jenis adalah ….
A.
1-2-3
B.
1-2-5
C.
2-3-4
D.
2-3-5
E.
2-5-6
5. Keanekaragaman hayati yang dipelihara dengan baik dapat
menjaga kestabilan iklim
global dan
merupakan paru – paru bumi. Nilai
manfaat tersebut adalah ….
A.
Nilai
biologis
B.
Nilai
ekologis
C.
Nilai
sosial
D.
Nilai
budaya
E.
Nilai
ekonomi
6. Bunga bangkai di tumbuhkan di Kebun Raya Bogor supaya tetap lestari. Upaya
pelestarian tersebut dapat di kategorikan dalam konservasi….
A.
In situ
B.
Ex situ
C.
Out stu
D.
Di situ
E.
Uder situ
7. Salah
satu usaha menjaga keanekaragaman hayati adalah ….
A.
Penanaman
secara monokultur
B.
Membuang
limbah rumah tangga ke sungai
C.
Pemburuan
hewan
D.
Menangkap
ikan menggunakan peledak
E.
Pelestraian
hewan dan tumbuhan secara in situ dan ex situ
8. Perhatikan bagan daur hidup
(metagenesis) lumut di bawah ini.
Nomor 1, 2 dan 3 adalah ….
A.
protonema, spermatozoid, ovum, zigot
B.
protalium,
zigot, spermatozoid, ovum
C.
protonema,
sporogonium, ovum, zigot
D.
protalium,
sporogonium, zigot, ovum
E.
protonema,
zigot, sporogonium, ovum
9. Jenis tanaman paku yang dimanfaatkan untuk tanaman sayuran adalah ….
A.
Adiantum
cuneatum
B.
Platycerium
nidus
C.
Selaginella
wildenowii
D.
Asplenium
nidus
E.
Marsilea
crenata
10. Gambar – gambar hasil pengamatan
siswa di lingkungan sekolah :
Berdasarkan gambar, berbagai daun menunjukkan
adanya kesamaan tulang daun, hal
ini merupakan dasar bahwa daun-daun
tersebut tergolong ….
A.
Angiospermae
B.
Gymnospermae
C.
Anthophyta
D.
Monokotil
E.
Dikotil
11. Kelompok hewan yang mempunya pori tergolong dalam filum adalah .…
A.
Porifera
B.
Coelentrata
C.
Platyhelminthes
D.
Nemathelminthes
E.
Annelida
12. Bentuk Rhodophyta
seperti
rumput atau disebut denan rumput laut, alga tersebut dienal sebagai penghasil agar-agar,
yaitu….
A.
Eucheuma
spinosum
B.
Chlamidomonas
C.
Volvax
D.
Spirogyra
E.
Ulva
13. Alga dibedakan menjadi beberapa filum berdasarkan
warna pigmennya, dibawah ini yang
termasuk dalam filum tersebut adalah kecuali ….
A.
Chlorophyta
B.
Rhodophyta
C.
Phaeophyta
D.
Alga
coklat
E.
Bryophyta
14. Echinodermata artinya hewan berkulit duri. Kelas dari
filum tersebut memiliki ciri-ciri bentunya seperty bintang, bagian bawah ada
mulutnya, dan terdapat anus dibagian permukaan atas, terdapat duri-duri pendek
dan bagian ujung lengan terdapat bintik mataadalah ….
A.
Echinoidea
B.
Crinoidea
C.
Asteroidea
D.
Ophiuroidea
E.
Gastropoda
15. Keanekaragaman hayati dibedakan menjadi beberapa jenis,
antara lain...
A.
Jenis, gen, dan hayati
B.
Jenis, gen, dan ekosistem
C.
Ekosistem dan abioti
D.
Biotik dan abiotik
E.
Ekosistem, biotik dan abiotic
16. Pernyataan berikut ini yang merupakan sifat-sifat dikotil adalah ....
A.
Tulang berkambium, biji berkeping dua, berakr tunggang
B.
Batang berkambium, biji berkeping dua, berakar serabut
C. Ikatan pembuluh menyebar, tulang daun sejajar,
biji berkeping dua
D. Ikatan pembuluh menyebar, tulang daun menjari,
biji berkeping satu
E.
Batang berkambium, tulang daun sejajar, biji
berkeping dua
17. Sampah plastik dapat menyebabkan
terjadinya pencemaran tanah, karena ….
A. Tidak dapat dibakar
B. Mudah larut dalam air
C. Sulit diuraikan mikroorganisme
D. Dapat meracuni habitat tanah
E. Bisa didaur ulang
18. Sekelompok kerbau di hutan disebut dengan .....
A. ekosistem
B. popilasi
C. individu
D. komunitas
E. biosfer
19. Di dalam ekosistem, setiap makhluk hidup memerlukan tempat yang sesuai dengan cara hidupnya
yang di sebut .....
A. Individu
B. Populasi
C. Komunitas
D. Habitat
E. Niche
20. Pencemaran lingkungan dapat terjadi karena .....
A. mengolah limbah industri sebelum dibuang kesungai
B. reboisasi
C. menggunakan tas belanja plastik
tiap kali berbelanja
D. mengurangi penggunaan tas belanja plastik
E. menggunakan pupuk organic
21. Organisme
yang melakukan perombakan bahan organik menjadi
bahan-bahan anorganik adalah .....
A.
Produsen
B.
Konsumen
C.
Detritivor
D.
Herbivora
E.
Dekomposer
22. Gabungan dua atau lebih
rantai makanan yang saling berhubungan satu sama
lain disebut dengan …..
A.
Piramida makanan
B.
Jaring-jaring makanan
C.
Rantai makanan
D.
Simbiosis
E.
Piramida biologi
23. Berikut ini adalah dampak
global dari konsentrasi
yang terlalu pekat di udara adalah …..
A.
Pemanasan
global
B.
Rusaknya lapisan ozon
C.
Hujan asam
D.
Kabut asam
E.
Kangker kulit akibat radiasi
ultraviolet
24. Berikut ini merupakan contoh
simbiosis komensalisme yaitu ….
A.
Kambing dan kucing
B.
Singa dan rusa
C.
Benalu dan pohon inang
D.
Ikan hiu dan ikan
remora
E.
Bunga dan lebah
25. Perubahan tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia
atau karena proses alam sehingga kualitas
lingkungan turun disebut.…
A.
limbah
B.
aliran energi
C.
perubahan lingkungan
D.
pencemaran
E.
Perlindungan
26. Interaksi berbentuk persaingan antar organisme dalam upaya mendapatkan
kebutuhan hidup yang sama disebut dengan .....
A.
Predasi
B.
Ekositem
C.
Simbiosis
D.
Ekologi
E.
Kompetisi
27. Salah
satu penyebab penyakit kolera pada penduduk adalah
….
A.
Terbatasnya tempat tinggal
B.
Terbatasnya air
bersih
C.
Terbatasnya udara bersih
D.
Terbatasnya pakaian bersih
E.
Terbatasnya persediaan makanan
28. Pencemaran
yang diakibatkan oleh bakteri termasuk dalam pencemaran ….
A.
Biologis
B.
Kimiawi
C.
Fisika
D.
Udara
E.
Tanah
29. Bunga angrek yang menempel dan tumbuh di pohon
inangnya disebut dengan simbiosis….
A.
Komensilisme
B.
Mutualisme
C.
Parasitisme
D.
Predasi
E.
Parasit
30. Hubungan dua individu yang saling menguntungkan disebut dengan simbiosis ...
A.
Komensalisme
B.
Parasitisme
C.
Mutualisme
D.
Jaring-jaring makanan
E.
Rantai makanan
31. Jenis limbah pertanian yang dapat mengakibatkan terjadinya pencemaran lingkungan adalah ….
A.
Sisa makanan
B.
Minyak
C.
Detergen
D.
Pestisida
E.
Plastik
32. Dari
gambar dibawahranrantai makanan dibawah ini, yang berpesan sebagai konsumen tingkat I adalah .....
A.
Rumput
B.
Tikus
C.
Ular
D.
Elang
E.
Jamur
33. Satuan makhluk hidup dalam
ekosistem disebut dengan ….
A.
Populasi
B.
Individu
C.
Komunitas
D.
Ekosistem
E.
Produsen
34. Ilmu
yang mempelajari tentang ekosistem disebut dengan .....
A.
Anatomi
B.
Fisiologi
C.
Ekologi
D. &nbnbsp;
Genetika
E.
Bioteknologi
35. Bunga
yang memiliki nektar (madu) dihinggapi oleh lebah untuk
mengambil madu dan bunga dibantu
penyerbukannya oleh lebah. Interaksi seperti itu termasuk
….
A.
Komensalisme
B.
Predasi
C.
Parasitisme
D.
Mutualisme
E.
Netralisme
36. Dalam suatu ekosistem hutan terdapat rantai makanan sebagai berikut.
Rumput – kijang – harimau – pengurai .
Jika padang
rumput dibakar dan kemudian didirikan
banggunan di lahan tersebut, maka dampak yang akan terjadi adalah .....
A.
Populasi kijang akan stabil
dan tidak akan ada kematian
B.
Menurunnya populasi kijang dan harimau
C.
Meningkatnya populasi kijang dan pengurai
D.
Meningkatnya populasi harimau karena tidak ada
saingan
E.
Populasi harimau tidak berpengaruh
karena bukan herbivore
37. Hubungan timbal-balik antar makhluk hidup dengan
lingkungannya disebut dengan .....
A.
Ekosistem
B.
Biotik
C.
Abiotik
D.
Ekologi
E.
Populasi
38. Suatu zat yang menyebabkan terjadinya pencemaran disebut ….
A.
Sampah
B.
Polutan
C.
Libah
D.
Polusi
E.
Reboisasi
39. Pengurangan limbah dengan mendaur
ulang limbah yang dihasilkan adalah upaya ......
A.
Biopori
B.
Reduce
C.
Reuse
D.
Treatment
E.
Recycle
40. Dalam piramida ekologi, konsumen tingkat I terletak pada tingkat
trofik .…
A.
I
B.
II
C.
III
D.
IV
E.
V
B.
URAIAN
Kerjakan soal berikut dengan benar!
41.
Sebutkan dan jelaskan macam-macam keanekaragaman hayati
beserta contohnya?
42.
Sebutkan manfaat atau peranan dari tumbuhan paku
(Pterodophyta) dalam kehidupan manusia!
43.
Sebutkan
macam-macam simbiosis beserta contoh dan penjelasannya!
44.
Buatlah
contoh rantai makanan yang terjadi di hutan!
45.
Sebutkan
upaya-upaya yang dapat kita lakukan untuk
mengurangi kerusakan lingkungan (minimal 6)!
0 comments:
Post a Comment